JavaScript FansPage

Sabtu, 18 Agustus 2012

Masalah VGA NVIDIA GeForce GT610M pada ASUS A43SD

Beberapa waktu yang lalu ada yang minta tolong kepada saya buat bantuin ngecek masalah di Laptop ASUS A43SD miliknya. Dia bilang, VGA yang dimiliki notebook ini adalah NVIDIA GeForce GT610M 2GB, tapi saat digunakan VGA yang kedetek adalah Intel HD 3000 integrated dengan shared memory.
Kemudian saya coba melakukan install ulang laptop tersebut beserta driver bawaannya (dalam CD) dan ternyata benar, meski menggunakan GPU-Z NVIDIA nya terdeteksi, tapi tidak bisa digunakan.
Sistem yang digunakan di laptop ini adalah sistem 2 VGA dimana yang satu integrated Intel HD 3000 yang (seharusnya) digunakan hanya saat laptop tidak bergerak dalam High-Perfomance, sedangan NVIDIA GeForce GT610M (seharusnya) digunakan saat laptop berjalan pada High-Performance. Dicoba dengan mendownload driver NVIDIA terbaru pun tidak menyelesaikan masalah.
Saya coba cari solusi di forum resmi dari NVIDIA, tapi sepertinya tidak menemukan solusinya. Ahirnya saya coba mencari solusi sendiri, dan berhasil, NVIDIA dan Intel HD dua2nya terdeteksi, dan bisa berjalan. Bahkan kita bisa memilih sebuah program itu jalan menggunakan VGA yang mana.
Berikut langkah-langkah yang saya lakukan sehingga kedua VGA bisa berjalan, dalam catatan saya melakukan install ulang semua.
1. Install Windows 7
2. Install driver dari CD, tapi jangan ceklist VGA (ada dua, dan dua-duanya jangan di ceklist), karena kita akan melakukan instalasi drivernya secara terpisah.
3. Install driver VGA Intel HD bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
4. Install driver VGA NVIDIA bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
Perlu diingat bahwa Driver terbaru NVIDIA GT610M sepertinya belum support. Saya masih menggunakan driver versi 285.64.
Setelah kembali masuk ke windows, NVIDIA Control Panel sudah tersedia. 1. Masuk ke NVIDIA Control Panel 2. Pilih manage 3D settings > pada Preferred graphics processor: pilih High-performance NVIDIA Processor 3. Pilih Set PhysX configuration > Select a PhysX processor: pilih GeForce 610M Selesai deh, sekarang silahkan mencoba memainkan game 3D di laptop ini.
Btw, saya belum melakukan untuk seri ASUS lain yang menggunakan VGA sama, kalo mungkin memiliki masalah yang sama dan cara ini menyelesaikan masalah tersebut, silahkan dishare di sini.
—| Tambahan |—
Selain hal-hal diatas, apabila NVIDIA sudah terinstall dengan benar, kita juga bisa mengatur untuk “memastikan” bahwa VGA NVIDIA digunakan oleh Program tertentu dengan melakukan pengaturan seperti di bawah ini.
sumber http://www.adan.web.id/nvidia-geforce-gt610m-pada-asus-a43sd/

12 komentar:

  1. VGA Utama memang Intel HD sehingga DXiag hanya mendeteksi Intel HD. Sementara jika di cek menggunakan GPU-Z akan terlihat bahwa VGA NVIDIA pun terdeteksi.

    Prinsip kerja dari dual VGA ini adalah, apabila tampilan tidak butuh 3D Processing, maka VGA Intel HD-lah yang akan digunakan, sementara jika butuh 3D Procesing, maka VGA NVIDIA-lah yang akan digunakan.

    Nah pada saat melakukan installasi menggunakan driver bawaan (CD ASUS), installasi driver NVIDIA bermasalah sehingga NVIDIA tidak terinstall sempurna, akibatnya proses pindah VGA saat menggunakan 3D Processing menjadi gagal.

    Cara diatas digunakan untuk “ngebetulin” proses installasi driver yang gak sempurna ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa menggunakannya di win 7 starter 32 bit. Padahal telah mendownload geforce 610 utk win 7 32. Apakah memang tidak suport ato langkah apa yg bs saya ambil?

      Hapus
    2. Untuk Win 7 Starter mungkin tdk support,
      Saya telah mencoba di Windows 7 Ultimate,
      Home Premium x64 & x32 Berhasil Tanpa ada masalah. Coba anda tanya di situs ini, mungkin dapat membantu:
      http://www.facebook.com/ASUSIndonesiaID?fref=ts

      Hapus
  2. mohon pencerahan ny gan ..
    NVIDIA ane gk mw jalan
    ane make laptop ASUS A46C, NVIDIA GEFORCE GT 635M 2GB
    udah 2x ane instal ulang, trus ane instal nvidia yg ada pada CD bawaan ASUS nya ..
    klo proses instal ny mulus aj ..
    setelah selsai instalasi ane coba klik NVIDIA Control Panel
    eh malah keluar jendela bertuliskan
    "NVIDIA Display setting are not available"
    "you are not currently using a display attachedto an NVIDIA GPU"

    mohon dibantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan udah p[unya solusinya belum..kasus laptop temen ane juga sama nih kasusnya sma agan..mohon pencerahannya gan..

      Hapus
  3. saya dulu mengalami masalah seperti ini, saya coba berbagai hal ternyata belum bisa dan akhirnya saya putuskan untuk mencari di google,

    menurut beberapa orang kita coba setting dahulu
    tray item (pojokan layar) > klik kanan > disetting programnya (add program > pilih high > ok)

    kalo cara ini belum berhasil coba langsung cara ini,

    download Driver VGA anda terbaru disitus NVDIA, misal punya anda GT 610M, cari disitu lewat Manual Search Driver (apabila anda mendownload bukan pada laptop anda yang ber VGA tersebut) atau lewat Automatic Driver Update (bila anda download pada laptop ber VGA yang ingin diupdate)

    setelah download Driver segera Install Driver terbaru anda

    setelah itu download GeForce Experience, untuk beberapa kasus biasanya Update Driver sudah beserta GeForce Experience tapi kalo gak ada ya download dulu...

    kalo sudah cek GeForce Experience dan cari automatic Updates, VGA akan mengecek beberapa games yang compitable dengan VGA tersebut apabila sudah selesai dan taraaa~ VGA bisa dimaksimalkan

    ps: kalau untuk pengecekan di DXDIAG memang VGA gak akan terbaca karena apa ? karena yang ditampilkan memang VGA Integreted (VGA yang menampilkan layar (Intel)) sedangkan NVDIA anda hanya bekerja untuk performa bukan tampilan, jadi dual VGA bukan berarti mereka bekerja sendiri2, mereka bekerja bersamaan, disaat tidak membutuhkan performa tinggi hanya INTEL saja yang bekerja, sdangkan butuh performa tinggi NVDIA akan membantu INTEL

    BalasHapus
  4. Gan mau tanya ni,,, knp VGA nvidia 2GB,,, tapi di dxdiag kedetect Intel HD cuma 1GB tepatnya 993 Mb,,, mohon pencerahannya :( VGA sama kayak di atas dual VGA juga

    BalasHapus
  5. Ada yang mane DiRT 3 ga? uda install tap ko ga bisa di mainin yah..laptop ane asus A43SD pake win7 Ultimate x64..ada yang tau solusinya gag? thankz...

    BalasHapus
  6. Thanks gan sangat membantu sekali~ hehehe

    BalasHapus
  7. gan ko punya saya nvidianya ga bisa di instal

    BalasHapus
  8. harus install intel HD grapicnya dulu?

    BalasHapus
  9. Saya punya masalah yang sama di asus n46, sudah download dan install dari geforce masih tidak bisa juga. Akhirnya masalah terselesaikan setelah saya restore/recovery. Semoga membantu....

    BalasHapus